7 Cara Mencegah Kulit Kering yang Bisa Anda Praktekkan Sekarang

Posted by Husnul Khotimah on

Kulit kering atau yang lebih dikenal dengan sebutan xerosis adalah sebuah kondisi umum yang terjadi pada kulit karena berbagai macam penyebab. Xerosis sendiri bisa dianggap sebagai gejala yang menunjukkan diagnosis masalah kulit yang lebih serius. Tetapi, dalam kebanyakan kasus, kulit kering biasanya disebabkan karena faktor lingkungan yang menyebabkan kelembaban kulit hilang. Misalnya, karena air panas, iklim yang kering, suhu dingin/ruangan ber-AC, dan sabun yang terlalu keras, semuanya itu bisa menjadi pemicu. Artikel ini akan membahas secara detail mengenai 7 cara mencegah kulit kering yang bisa anda praktekkan langsung. 

7 Cara Mencegah Kulit Kering yang Bisa Anda Praktekkan Sekarang

Cara mencegah kulit kering yang tampak bersisik dan terasa gatal sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan. Hanya saja banyak orang yang tidak merawat kulit secara tepat, sehingga hasilnya kurang memuaskan. Mengatasi kulit kering, tidak hanya tergantung pada apa yang Anda oleskan pada kulit tersebut, melainkan, seperti yang telah disebutkan di atas, faktor lingkungan juga memegang peranan penting, termasuk pakaian yang Anda gunakan dan bagaimana Anda membersihkan kulit.


Cara mencegah kulit kering dan kusam


1. Manfaatkan minyak kelapa murni


Tips mencegah kulit kering yang pertama adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa yang memiliki sifat emolien. Emolien bisa membantu mengisi ruang antar sel-sel kulit, yang akan membuat permukaan kulit menjadi lebih halus. Manfaat tersebut bisa didapatkan karena di dalam minyak kelapa terkandung asam lemak yang secara alami bisa menghaluskan kulit sekaligus melembabkannya.

Minyak kelapa bisa diterapkan pada semua jenis kulit (setiap hari), bahkan pada kulit sensitif sekalipun. Tidak hanya di wajah, sebenarnya minyak kelapa juga bisa diterapkan hampir di seluruh permukaan kulit tubuh, bahkan hingga ke bagian yang paling sensitif. Termasuk di area sekitar bawah mata dan sekitar mulut.

7 Cara Mencegah Kulit Kering yang Bisa Anda Praktekkan Sekarang

Keuntungan menggunakan minyak kelapa untuk perawatan kulit adalah, Anda tidak perlu mencampurkan minyak kelapa tersebut dengan bahan-bahan lain. Cukup hanya dengan menggunakan minyak kelapa setiap hari kulit akan menjadi halus, lembab, dan bebas dari kekeringan.


2. Petroleum jelly


Menurut sebuah studi, produk petroleum jelly bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kering dan iritasi pada orang dewasa atau pada orang yang sudah berusia lanjut. Petroleum jelly yang dikenal juga dengan sebutan minyak mineral (mineral oil) akan melindungi kulit pada bagian “lapisan pelindung” dan membantu melembabkan bagian bawah dari lapisan tersebut.


3. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan omega 3


Cara mencegah kulit kering yang bisa Anda praktekkan di rumah sendiri lainnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Yang bisa membantu menghidrasi kulit dan membantu tubuh memperbaiki sel-sel kulit dengan lebih cepat. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang direkomendasikan untuk mengatasi kulit kering.
  • Blueberry
  • Tomat
  • Wortel
  • Kacang polong
  • Kacang-kacangan (lentil)

Tahukah Anda? Jika Anda memiliki kulit yang kering, itu artinya bahwa kerusakan yang terjadi pada sel-sel kulit Anda lebih cepat dibandingkan dengan kemampuan tubuh dalam memperbaikinya. Menurut Mayo Clinic, beberapa makanan yang telah disebutkan di atas merupakan makanan-makanan terbaik yang bisa Anda konsumsi untuk menyehatkan kulit.



Makanan-makanan tersebut kaya antioksidan, yang dapat meminimalisir kerusakan sel-sel kulit akibat racun. Sekaligus bermanfaat untuk membantu tubuh membuat sel-sel baru yang lebih sehat dan segar.

Sedangkan untuk makanan yang kaya asam lemak omega-3, makanan jenis ini berperan penting dalam membuat kulit terlihat lebih bersih dan bercahaya. Di antara beberapa pilihan makanan yang kaya asam lemak omega-3 adalah:

  • Ikan tuna
  • Ikan sarden
  • Ikan salmon
  • Telur ayam dan telur bebek
  • Kacang-kacangan
  • Sayur bayam
  • Kangkung
  • Daging sapi
  • Susu kambing
  • Kembang kol
  • Seafood
  • Ikan lele
  • Yogurt
  • Brokoli
  • Ikan air tawar
  • Jambu biji
  • Blewah
  • Buah ceri
  • Pepaya
  • Alpukat
  • Mangga, dan lain-lain


4. Gunakan sarung tangan untuk mencegah kontak langsung dengan zat-zat yang dapat menyebabkan kulit kering


Bagi Anda, wanita yang memiliki kulit kering dan kebetulan sering mencuci piring atau mencuci pakaian dengan menggunakan tangan, Anda perlu mempertimbangkan sarung tangan (insulted gloves) yang bisa membantu menghindari kontak langsung antara kulit dengan penyebab iritasi seperti, detergent atau sabun cuci piring misalnya.

Selain untuk menghindari kontak langsung dengan sabun dan detergent, sebenarnya sarung tangan juga bermanfaat untuk melindungi kulit ketika suhu sangat dingin. Karena suhu dingin adalah salah satu penyebab kulit kering.

Menggunakan sarung tangan yang bisa mengisolasi kulit dari lingkungan ketika mencuci pakaian atau cuci piring, bisa membantu mengurangi masalah kulit kering dan kulit yang mudah mengalami iritasi.


5. Perhatikan suhu air dan sabun yang Anda gunakan untuk mandi


Mandi air panas atau mandi uap sangat dianjurkan untuk kesehatan. Sayangnya, bagi pemilik kulit kering, dokter Andrea Lynn Cambio, MD menyarankan mereka untuk menghindarinya. Alasannya adalah, mandi air panas dapat menyebabkan minyak alami kulit terkikis sehingga tidak ada yang dapat mengikat kelembaban pada kulit. Kondisi tersebut menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

Hindari mandi dengan menggunakan air panas, sebaliknya, pilihlah mandi atau berendam di air hangat suam suam kuku. Walaupun pemilik kulit kering diperbolehkan mandi menggunakan air hangat, namun mereka tetap tidak diperbolehkan mandi berlama-lama. Berendam di air hangat sebaiknya tidak lebih dari 10 menit.

7 Cara Mencegah Kulit Kering yang Bisa Anda Praktekkan Sekarang

Selain suhu air, sabun yang Anda gunakan juga perlu curigai. Beberapa jenis sabun sangat keras dan menyebabkan minyak di permukaan kulit mudah terkikis. Sabun yang diformulasikan untuk badan misalnya, sangat tidak dianjurkan untuk digunakan di wajah.

Sebaliknya, cobalah menggunakan sabun cuci muka yang memang diformulasikan khusus untuk wajah. Menurut dokter kulit bernama Carolyn Jacob, MD, jenis sabun muka (facial wash) dan sabun badan untuk kulit kering yang paling cocok adalah, sabun yang lembut dan bebas pewangi (soapless cleanser).


6. Terapkan minyak zaitun untuk mengatasi kulit kering


cara mengatasi kulit kusam dan kering selanjutnya adalah dengan menerapkan minyak zaitun, yang banyak mengandung antioksidan serta asam lemak, yang dianggap baik untuk kulit. Cara memanfaatkannya:
  • Oleskan minyak zaitun di bawah pelembab secara tipis setiap hari
  • Cara kedua. Kurang lebih setengah jam sebelum mandi, oleskan sedikit minyak zaitun pada tangan, kaki, dan daerah lain di tubuh Anda yang berkulit kering, lalu berikan pijatan ringan. Setelah itu mandi. Setelah mandi terapkan pelembab ringan
  • Cara lainnya, sediakan dua sdm (sendok makan) minyak zaitun, 4 sdm gula merah halus, dan satu sdm madu. Setelah dicampur hingga rata, gosok-gosokan scrub tersebut pada area kulit yang kering dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Setelah itu, mandilah dan terapkan pelembab ringan


7. Manfaatkan madu murni

Cara merawat kulit kering selanjutnya adalah dengan memanfaatkan madu murni. Madu murni sudah sejak lama digunakan sebagai produk kecantikan alami yang ampuh untuk mengatasi jerawat dan memutihkan kulit, melainkan juga sangat bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi masalah kulit kering tersebut.

7 Cara Mencegah Kulit Kering yang Bisa Anda Praktekkan Sekarang

Menurut dermatologist (ahli kulit) madu merupakan salah satu pelembab alami terbaik yang sarat dengan antioksidan, memiliki sifat anti-mikroba dan sifat humektan. Berbagai kandungan tersebut sangat bermanfaat dalam mengunci kelembaban pada kulit, sehingga kulit pun akan menjadi ekstra lembut dan halus.

Tentu saja, di samping kandungan yang telah disebutkan di atas, madu juga kaya akan mineral dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Berikut adalah cara menerapkan madu untuk mengatasi kulit kering.

  • Sebelum mandi, oleskan madu di seluruh tubuh atau pada bagian kulit yang kering, lalu biarkan selama 10 menit. Ulangi cara tersebut setiap hari agar kulit jadi lebih lembab.
  • Cara yang kedua, campurkan madu mentah dengan minyak zaitun dan lilin lebah (beeswax) dengan perbandingan yang sama. Untuk beeswax, Anda bisa mencairkannya terlebih dahulu dengan cara merebusnya menggunakan panci kecil di atas api kecil. Setelah itu, campurkan dengan madu dan minyak zaitun. Lalu, oleskan ke seluruh tubuh dan biarkan selama 10 menit, kemudian mandi. Ulangi cara mencegah xerosis dengan madu tersebut setiap hari.

 

Kesimpulan

Mencegah kulit kering tidak hanya dilakukan dengan menutrisi kulit dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang terdiri atas sayur dan buah-buahan dan rajin berolahraga, melainkan bisa juga dengan mengenakan pakaian untuk melindungi dari kulit paparan matahari dan cuaca dingin. Beli baju-baju cantik untuk wanita terbaru yang bisa melindungi kulit matahari dan AC di sini. Cocok digunakan untuk bekerja di kantor atau jalan-jalan untuk . 


Share this post



← Older Post Newer Post →


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published.